Catatan: Membuat KTP Legal Itu Mudah

Ada uang! Ada barang! [2013: E O]
Ada uang! Ada barang! [2013: E O]
“Ini Indonesia bung! Ada uang, ada barang!” 

Saya yakin bahwa seruan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Semisal saja ketika anda akan membuat SIM (Surat Ijin Mengemudi) tetapi malas melakukan serangkaian tes, anda tinggal membayar ‘orang dalam‘ saja. Biasanya, si ‘orang dalam‘ memasang tarif Rp 550,000

Atau, ketika anda pindah ke kota lain tetapi malas untuk membuat Surat Keterangan Pindah sebagai salah satu syarat utama untuk mengajukan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga), maka anda pun dapat membayar jasa ‘orang dalam‘ untuk membereskan ‘printilan‘ tersebut. Biasanya si calo memasanga tarif sekitar Rp 700,000 sampai Rp 1,500,000.

Dan masih banyak lagi, praktek-praktek korupsi kecil-kecilan yang membuat hal rumit menjadi mudah. Ini sudah bukan rahasia lagi. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan urusan perut, segala macam resiko diambil oleh si ‘orang dalam’ alias calo.

Tentu saja, saya menulis hal ini bukan karena asal ‘njeplak’ alias asal ngomong saja tetapi berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Bukan sebagai calo namun sebagai pengguna jasa.

Tetapi sesungguhnya ketika kita bisa meluangkan waktu dan mau ‘ngoyo’ sedikit, mengurusi ‘printilan-printilan’ tersebut untuk mendapatkan KTP, KK atau SIM secara legal sebenarnya tidaklah rumit.

Untuk membuat KTP

  1. Anda tinggal datang ke rumah ketua RT (Rukun Tetangga) untuk mendapatkan Surat Pengantar Pindah dengan membawa fotokopi KTP dan KK anda yang lama
  2. Bertemu dengan ke ketua RW (Rukun Warga) untuk mendaptkan tanda tangan pada Surat Pengantar Pindah yang telah diberikan oleh ketua RT
  3. Dengan membawa Surat Pengantar Pindah dari RT/RW, fotokopi KK, KTP serta KTP yang asli, anda ke kantor kelurahan setempat untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah WNI dengan membayar retribusi sebasar Rp 10,000
  4. Lalu, anda ke kantor kecamatan setempat untuk melaporkan kepindahan anda dengan membawa Surat Keterangan Pindah WNI yang didapatkan dari kantor kelurahan. Biasanya di kantor kecamatan, anda akan dimintai sumbangan sukarela untuk PMI sebesar minimal Rp 2,000 saja.
  5. Setelah semua surat Surat Pengantar Pindah dan Surat Keterangan Pindah WNI telah diperoleh, langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah datang ke rumah ketua RT dan RW untuk mendapatkan Surat Keterangan Tinggal. Akan tetapi, ketika anda tinggal di apartment, anda dapat mengunjungi Badan Pengelola Apartment untuk meminta Surat Keterangan Tingal
  6. Setelah semua dokumen lengkap, anda pergi ke kantor kelurahan untuk membuat KTP,  KK dan sekaligus e-KTP yang baru tanpa dipungut biaya. Proses pengisian data dan pengambilan foto hanya memakan waktu selama 1 jam saja (tergantung antrian).
  7. Maka jadilah KTP dan KK yang baru.

Dari pengalaman saya membuat KTP secara legal, selain saya dapat menyimpan uang sebesar Rp 1,200,000, saya pun dapat mengetahui lingkungan tempat tinggal saya yang baru, saya tahu di mana kantor kelurahan dan saya pun tahu kapan proses pembuatan KTP dan KK tersebut selesai.

Beberapa saat yang lalu saat saya membuat KTP instan, kebetulan si calo tersebut malas dan ogah-ogahan. Si calo cuma mau makan uangnya saja, padahal si calo adalah seorang sarjana hukum. Saya hanya tersenyum mengingat kejadian tersebut.

Namun apa dikata, nasi telah menjadi bubur. Banyak orang licik dan picik di luar sana yang berpura-pura ingin menolong kita, namun nyatanya hanya ingin menolong perut sendiri. Mungkin si calo membutuhkan uang tambahan untuk anak dan istri yang kelaparan di rumah. Hitung-hitung saya memberi sumbangan pada orang miskin. Bukan begitu?

signature

3 Comments

  1. bu, mau tanya, berdasarkan poin 1, berarti minta surat keterangan tinggal di tempat yg saat ini kita berdomisili? apa tdk perlu surat keterangan pindah di tmpat asal kita yg dulu?

    mohon solusi, ada kenalan saya mau bikin ktp baru di jakarta/ sekitaran jabodetabek. dia hanya memiliki ktp yv lama yg sudah habis masa berlaku dan kartu keluarga. trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s